KNOW YOUR SKIN!

Maret 06, 2017


Haloha! Di tengah derasnya iklan make up, skincare dan review produk yang bertebaran di bumi datar ini. Semangat konsumerism membara dimana-dimana. Modal lihat review pemakain cream A atau produk B. Iri lihat kulit si A mulus. Dengan berpedoman pada niatan untuk mendapatkan kulit yang sama, semua skincare yang dipakai orang itu dicoba. Kadang mereka gak riset dulu dan belum tentu juga cocok. Main blaburin itu produk ke muka. Itu muka sayangkuh, bukan tembok! Menurut gue, kayak gini bener-bener hati-hati banget.

Seorang remaja berumur 16 tahun nge-chat gue, mau konsultasi buat kondisi kulit dia. Gue bukan ahli kulit, bukan juga orang yang biasa racik obat. Berbekal lihat masalah kulit yang di fotoin ke gue, itu kondisi yang sebenarnya wajar banget terjadi di anak seusianya. Masuk masa pubertas dimana hormon-hormonnya masih belum stabil. Terus anehnya dimana? Dengan bekal akses mudah ke social media yang penuh dengan harapan palsu, bocah polos ini membeli krim dengan  niatan muaknya bisa cepet kinclong semulus muka orang-orang yang kasih testimoni sebelumnya #nooffense setelah dia pakai, ternyata jerawatnya makin banyak. Dia panik dan tanya ke penjualnya lagi, dengan kesempatan itu dia coba jual masker madunya. Anak polos ini akhirnya beli-beli aja lagi. Huft. Padahal kalo rutin pake madu biasa aja pasti bisa. 

Anak di atas adalah contoh cerita problematika pengen kulit yang PUTIH secara instan. Terimalah kenyataan kalau kita ini kulit asia tenggara yang kebanyakan punya kulit undertone ke yellow-ish. Kalau kulit kalian putihnya gak wajar macam cat tembok, dipastikan kalau krim yang kalian pake itu mengandung merkuri. Efeknya belum tentu langsung kelihatan dalam waktu dekat. Tapi itu berpeluang besar kena kanker kulit.
Sadar dengan apa yang sebenernya diperlukan sama kulit.  Secara sadar men-treatment kulit dan mencoba memahami kulit. Karena setiap orang punya masalah kulitnya masing-masing.

Gue pribadi sekarang lagi break out selama 6 bulan terakhir. Sebelumnya banyak yang nanya kok kulit gue mulus? Perawatan apa? Kok cerahan?  Tahun 2016 adalah tahunnya gue lagi suka banget sama make up dan bodohnya gak hobi bersihinnya. Hasilnya? Jidat w item tjooooy bekas jerawat. Dulu kalau ada jerawat, gue pencetin sampe bersih darahnya. Dua hari kemudian bekasnya juga udah ilang. Kemudian sejak suka make up, muka gue awalnyamasih tahan banting dan menyerah pertengahan tahun dengan banyaknya jerawat di jidat dan pipi.

Sekarang banget gue baru mulai rutinin pake skincare dan masker yang rajin dengan jeruk nipis, lemon, madu dan beberapa bahan alami lainnya. Untuk produk korea gue Cuma pakai nature republic aloe vera soothing gel as my moisturizer. Gue tau ada klairs juiced vitamin drop yang mana produk korea dengan khasiat yang banyak buat jerawat dan bekasnya. Harga Rp282.000 di althea menciutkan niat gue buat pake itu. Gue pikir kita bisa langsung dapat manfaat vitamin c langsung dari sumbernya kenapa harus pake produk yang mesti ada campurannya. Kalau Nature Republic Aloe Vera itu lebih ke praktis dan isinya banyak. Kalo pake aloe vera yang asli ribet buat ngupasinnya kan. Kalau Nature republic bisa buat seluruh anggota badan dan isinya banyak!

Dua hari ini gue ngerasa cerahan dan kulit gue udah muali kenyel. Bibir juga rasanya udah lebih enak. Sebelumnya kering banget. Intinya pakai semua ini harus disabarin. Everything takes time to see the result. Do not hurry about it. Enjoy your journey to know your skin better.

You Might Also Like

0 komentar