[LIBURAN] KAMPUNG JAWA DI LAMPUNG

September 02, 2012




Lebaran tahun ini gue mudik ke kampung bokap di pualau sumatra, tepatnya di Lampung. Eh tapi gue dan keluarga ngga punya keturunan lampung sama sekali ya, Sejarahnya sih waktu bokap gue masih kecil, desanya itu melakukan transmigrasi bedol desa (satu desa pindah semua) ke pulau sumatra.

Dulu sih gue suka sebel kalo ke Lampung. Kenapa? Karena listrik belom nyampe ke desanya bokap dan tepat di daerah gunung. Alhamdulillah dari dua tahun kemarin, listrik udah nyampe kesana.

Ohiya, disana bukan Cuma ada orang jawa atau lampung doang loh. Tapi juga ada satu desa yang isinya orang sunda semua, kakak seppupu gue punya temen disana, nama desanya “Kampung Masjid”. Dan mungkin banyak juga suku-suku lain disana yang ngga bisa gue sebutkan satu-persatu.

Oke balik lagi ke kisah liburan gue kemarin. Jadi gue, adik, nyokap ama bokap pulkam setelah shalat ied dan maaf-maafan sama tetangga-tetangga, kita berangkat sekitar jam 8 pagi dengan kendaraan mobil APV (sewaan) dan supir (tetangga gue). Sebelum ke pelabuhan Merak, kami menjemput keluarganya om Sukir. Dari rumah Om sukir, kami serombomgan menuju rumah Mbah Paikem dan baru jalan menuju pelabuhan merak sekitar jam sebelasan. Jadilah dengan segala kelengangan jalan, kami serombongan hanya tiba dalam waktu dua jam saja saudara saudara, kok lo lebay? Eits bukan lebay, tapi karna sehari sebelumnya pelabuhan merak macetnya ampe 8 km gitu, pas setelah shalat ied, gue serembongan melintasi semua jalanan dengan status ‘Lancar Jaya’ hihi.

Tapi, ternyata sampai di pelabuhan mesti nunggun naik kapal selama satu jam-an. Gue hari itu mersakan segala sesuatunya serba cepet, termasuk perjalanan dari pelabuhan merak ke pelabuhan bhakauheni. Kalo ngga salah, 2 jam setengahan kapal gue udah nyampe di lampung.

Karena kampung bokap gue itu sangat pelosok dan di atas gunung, sekitar jam 10 malem kita baru nyampe rumah mbah. Makan, ngobrol, terakhir tidur dirumah sepupu gue (Mbak mul).

Paginya, ternyata sepupu-sepupu gue yang cantik-cantik (karena cewek semua) udah punya rencana pergi hari itu dan kendaraannya udah ngepas (sebenernya gue ngga diajak L ), tapi ya sudah lah, gue ikut nyokap ama bokap nyekar ke makam mbah lanang (laki-laki), nama beliau mbah Wiro paidi, dan meninggal waktu bokap gue masih kecil *info.

It’s time to ‘turun gunung’, berkendaraan mobil APV (sewaan), kami sekeluarga turun gunung menuju rumah salah satu saudara. Mau tau ngga medan jalannya? Ah gue lupa foto, tapi yang pasti terjal, banyak batu tajem, dan sampingnya udah jurang, makanya mesti hati-hati.

Di Jakarta aja jarang hujan, apalagi disana. Tanah merah aja ampe mengotori daun-daun. Lihat nih,


oiiye, gue baru tau kalo jengkol itu ada tempurungnya haha, dan itulah ole-oleh yang dibawa dari lampunig, dan akhirnya terciptalah suasana membuka tempurung jengkol bersama LOL

      Dari kiri ke kanan : Nyokap, mamanya fahri, fahri, pakde (bapaknya mba mul), Dinda.




Sedikit insiden terjadi saat gue di kampung, karena udah bolak-balik ke kamara mandi ditemenin mbah, untuk yang ketiga kalinya gue ngga sempet manggil mbah buat nemenin, dan ngga tau posisi lampu kamar mandi dimana. dengan kondisi perut udah sakit, gue lari kebelakang, klek, gue keseleo, dan ampe sekarang belom sembuh :(

        
Jujur agak boring sih liburan gue ini. Karena adik gue ke laut buat nangkep ikan dan gue ngga ikut -___- , hari minggu berangkat pulkam, senin silahturahmi, dan selasa balik. Gila, itu pulkam apa mimpi? Ckck asli cuma capek di jalan.

 Segitu dulu cerita gue, terima kasih bagi yang baca ampe abis. paypay :*

Pict bonus wkwk

                                                           pemandangan pulang
 




ini dua tahun yang lalu

                                                                 ini juga dua tahun yang lalu

                                Tiap pagi bangun tidur, pemandangannya GUNUNG wew
                                                         Halaman rumah mbah

                                                              Mbah gue tercintaaah

You Might Also Like

0 komentar